Kamis, 10 Maret 2011

SILABUS MATA KULIAH IPI

Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan Islam
Dosen : Charles, M.Pd.I
Program : Jurusan Tarbiyah

I.DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam merupakan suatu disiplin ilmu dasar untuk membekali mahasiswa Jurusan Tarbiyah dalam memahami seluk-beluk dunia kependidikan Islam pada umumnya secara komprehensif sebagai dasar menempuh mata kuliah yang berhubungan dengan persoalan-persoalan kependidikan yang ada dalam struktur kurikulum. Untuk itu, mata kuliah ini memberikan dasar-dasar pendidikan, membahas pandangan tentang Manusia, Memahami Pengertian dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam , Memahami Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam,Memahami sumber dan Dasar Pendidikan Islam, Peran Dan Fungsi Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam, Etika dan Profesional Pendidik Dalam Pendidikan Islam, menjelaskan Peserta Dididk dalam Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam, Metode Pendidikan Islam, Menjelaskan Kelembagaan Pendidikan Islam, lingkungan dan Tanggung Jawab Pendidikan Islam, Evaluasi Dalam Pendidikan Islam, Menjelaskan Kepribadian Muslim dan Usaha Pembentukannya, Perbandingan Sistem Pendidikan Islam dan Sistem Pendidikan Barat

II.STANDAR KOMPETEENSi:
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar kependidikan Islam secara komprehensif sebagai modal dasar pengembangan wawasan dan kerangka berfikir untuk mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan didaktik metodik yang bersumber dari ajaran Islam dalam mendesain bangunan pendidikan Islam

III. KOMPETENSI DASAR

1.Pengertian, fungsi, tujuan, urgensi dan sejarah ilmu pendidikan Islam
2.Menjelaskan Pengertian Pendidikan Islam
3.Menjelaskan Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam
4.Menjelaskan Sumber dan Dasar Pendidikan Islam
5.Mengidentifikasi dan Menjelaskan Peran Dan Fungsi Pendidikan Islam
6.Menjelaskan Tujuan Pendidikan Islam
7.Menjelaskan Etika dan Profesional Pendidik Dalam Pendidikan Islam
8.Menjelaskan Peserta Dididk dalam Pendidikan Islam
9.Menjelaskan Kurikulum Pendidikan Islam
10.Menjelaskan Metode Pendidikan Islam
11.Menjelaskan Kelembagaan Pendidikan Islam
12.Menjelaskan Lingkungan dan Tanggung Jawab Pendidikan Islam
13.Menjelaskan Evaluasi Dalam Pendidikan Islam
14.Menjelaskan Kepribadian Muslim dan Usaha Pembentukannya
15.Menjelaskan Perbandingan Sistem Pendidikan Islam dan Sistem Pendidikan Barat

IV.MATERI KULIAH
1.Intro To Subject Matter And Learning Contract (Pertemuan I)
2.Pengertian, fungsi, tujuan, urgensi dan sejarah ilmu pendidikan Islam
3.Pengertian Dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam
4.Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam
5.Sumber Dan Dasar Pendidikan Islam
6.Tujuan Pendidikan Islam
7.Pendidik Dalam Pendidikan Islam
8.Peserta Dididk dalam Pendidikan Islam
9.Kurikulum Pendidikan Islam
10. Metode Pendidikan Islam
11.Kelembagaan Pendidikan Islam
12.Lingkungan dan Tanggung Jawab Pendidikan Islam
13.Evaluasi Dalam Pendidikan Islam
14.Kepribadian Muslim dan Usaha Pembentukannya
15.Perbandingan Sistem Pendidikan Islam dan Sistem Pendidikan Barat



V.STRATEGI PERKULIAH :
Strategi yang digunakan dalam Perkuliahan ini meliputi :Ekspaitory Lerning, Inquiry Discovery Learning Dan Contektual Teaching Learning, Every One is Teacher Here

VI.TAGIHAN
1.Penugasan bersifat Kelompok dan individual
2.Penugasan Kelompok : makalah topik, pembahasan hasil diskusi
3.Penugasan individu : Book review, dll.
I.
VII. EVALUASI
Penilaian akhir/ final didarkan pada unsure-unsur sebagai berikut:
1. Ujian Tengah Semester 30 persen
2. Ujian Akhir Semester 40 persen
3. Tugas Kelompok dan partisipasi kelas 20 persen
4. Tugas Individu 10 persen

REFERENSI:

1.Muhammad ‘Athiah Al-Abrasyi, Ruh Al-Tarbiyah wa al-Ta’lim (Saudi Arabiyah: Dar al-ahya’, tt)
2.M. Nuquib Al-Attas , Konsep Pendidikan Islam, (Bandung:Mizan, 1988)
3.M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam,
4.Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta
5.Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam
6.Samsul Nizar,Pemikiran tentang Pendidikan Islam
7.Abdul Mujib & Jusuf Muzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta; Kencana, 2006)
‘Aliy ibn ‘abdillah al-‘aziz al-Rajihiy, Akhlaaqiyat musyrif al-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Atsrruha ‘ala al-Mu’allim, tahun 1427 H
Sa’id Isma’il ‘aliy, Al-Qur’anu al-Karim ru’yah tarbawiyyah, Kairo : Dar al-Fikr al-‘Arabiy 2000
Abu Lubabah Husain, Al-Tarbiyyah fi al-sunnahal-nabawiyyah, Riyadh: Dar al-Liwa’ 1977
Khalid bin Hamid al-Hazimiy, Ushul al-Tarbiyyah al-Islamiyyah: Arab Saudi: Dar ‘Alam al-kutub, 2000
Yusuf Khathir hasan al-Shuriy, Asalib Al-Rasul Fi al-Da’wah wa al-Tarbiyyah, TT

Muhammad Jamil Zainu, Kaifa Nurabbiy Auladana, TT
Muhammad Sa’id Mursiy, Fann Tarbiyyah al-Aulad, Juz II, TT
Sa’id Isma’il “Aliy, Al-Sunnah Al-Nabawiyyah Ru’yah Tarbawiyyah, Kairo: Dar al-Fikr al-‘Arabiy, 2002
Shalih bin ‘Aliy Abu ‘arrad, Al-Tarbiyyah Al-Islamiyyah al-musthalah wa al-Mafhum 1427 H
Sima Ratib ‘udwan Abu Ramuz, Tarbiyyah al-Athfal Fi al-Islam
www.Saidnet .com di donwlod hari Kamis tanggal 21 Oktober 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar